Syarat Tumbuh Tanaman Cabe Merah Yang Wajib Anda Ketahui

Syarat Tumbuh Tanaman Cabe Merah – Tanaman cabe termasuk tanaman yang bisa tumbuh di daerah tropis.

Dengan perawatan yang tepat, tanaman cabe bisa menjadi komoditi usaha yang menjanjikan.

Beberapa syarat ideal bagi tanaman cabe untuk tumbuh adalah keadaan suhu di sekitar tempat tanaman seperti kelembapan udara pada tempat tumbuh tanaman cabe serta curah hujan.

Syarat Tumbuh Tanaman Cabe Merah

Dalam menanam cabe merah anda harus tahu Syarat tumbuhnya diantaranya adalah ketinggian lahan tempat tanaman cabe ditanam serta jenis tanah.

Jenis tanah

Tanaman cabe memang bisa tumbuh dimanapun selama tanah tersebut merupakan tanah liat yang berpasir.

Namun tanah untuk tanaman cabe tetap harus diberikan pupuk serta kompos, terlebih sebelum memulai penanaman karena kondisi tanah harus diperbaiki terlebih dahulu agar unsur hara dalam tanah bisa terjaga.

Pemupukan serta penambahan bahan organik seperti kompos bertujuan untuk memperbaiki kondisi tanah. Tanaman cabe biasanya akan tumbuh di tanah yang memiliki ph sekitar 6 hingga 6,5.

Ketinggian lahan

Tanaman cabe biasanya bisa tumbuh pada tempat dengan udara yang sejuk yang biasanya berada pada tempat yang agak tinggi. Untuk penanaman tanaman cabe, usahakan lahan yang berada pada ketinggian maksimal 2000mdpl.

Ketinggian lahan tempat penanaman cabe juga bisa digunakan untuk memprediksi hama yang menyerang tanaman cabe.

Air menjadi salah satu komponen pentig dalam usaha penanaman cabe.

Karena hal itulah, curah hujan menjadi hal yang penting saat proses penanaman cabe karena apabila curah hujan rendah, maka tanaman cabe akan menjadi kering.

Hal ini sebenarnya bisa disiasati dengan menyiram cabe secara teratur namun apabila air yang disiramkan terlalu banyak maka tanaman cabe bisa membusuk.

Selain itu, apabila curah hujan terlalu tinggi, bisa mengganggu proses penyerbukan bunga tanaman cabe. Curah hujan yang tinggi dan menggenangi tempat tanaman cabe ditaman juga dapat mengganggu akar tanaman cabe.

Selain curah hujan, kelembapan udara juga memengaruhi pertumbuhan tanaman cabe

Tanaman cabe bisa tumbuh di tempat yang berangin sedang. Angin tersebut juga bisa membantu matahari untuk melindungi penguapan air yang berlebihan. Suhu tempat tanaman cabe ditanam biasanya berkisar antara 24-28ยบ.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Pisang Kepok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *