Perbedaan Sintesis Protein Dengan Ekspresi Gen – Sejak awal dilakukannya penelitian oleh Christian Anfinsen pada tahun 1950, anda sudah mengetahui bahwa urutan zat asam amino dalam sebuah protein di dalam tubuh sangat menentukan struktur tiga dimensi dalam rangkaian proses terakhir. Untuk selanjutnya para ilmuwan sudah berulang kali melakukan pengamatan bahwa struktur protein akan menentukan dimana struktur bersangkutan akan bertindak dan apa – apa saja yang akan dilakukannya.

Erat hubungannya dengan hasil pengamatan tersebut di atas, ternyata tidak ada yang lebih jelas untuk memaparkan tentang fungsi enzim terkait dengan bentuk dan struktur protein adalah aspek penting dari ekspresi gen biologi yang menghubungkan soal pemahaman anda tentang ekspresi gen terhadap biologi sel.

Hubungan lainnya yang terkait adalah terhadap molekul protein yang bertindak pada DNA dan sekuense RNA menyerupai / seperti faktor – faktor transkripsi dan histon, studi ekspresi gen yang terfokus pada dimana ekspresi sel dimodulasi. Meskipun faktanya adalah modulasi ekspresi gen dapat terjadi di nukleus, maka sitoplasma atau bahkan pada membran sel akan memberikan dampak protein pada RNA dari subregion seluler yang dimaksud.

Nah bagaimanakah para ilmuwan mampu mempelajari bentuk dan fungsi protein ? Adalah teknik yang disebut spektrometri massa memungkinkan para ilmuwan untuk dapat dengan jelas dan mudah mengurutkan asam amino dalam zat protein. Untuk selanjutnya setelah urutan diketahui dengan jelas maka akan dapat membandingkan urutan dari asam amino dengan database yang memungkinkan para ilmuwan melakukan pengamatan untuk tujuan mengetahui apakah ada protein terkait fungsinya yang sudah diketahui.

Urutan asam amino yang serupa akan mempunyai fungsi yang sama di dalam sel. Urutan asam amino ini akan memungkinkan para ilmuwan untuk dapat memprediksi tentang muatan – muatan molekul beserta dengan ukuran masing – masing dan struktur tiga dimensi yang memungkinkan kelancaran penelitian selanjutnya dilakukan.

Biaya dan ukuran di dalamnya bisa dikonfirmasikan secara eksperimental melalui SDS – PAGe dan gel dua dimensi untuk selanjutnya dapat menyimpulkan seluk – beluk struktur tiga dimensi dimana para ilmuwan selanjutnya akan mencoba berulang – ulang kali mengkristalkan protein dengan tujuan untuk mengkonfirmasi struktur molekulnya dengan menggunakan kristalografi sinar – X dan spektroskopi resonansi magnetic nuklir / pNMR.

Bagaimana Ilmuwan Mempelajari Dampak Protein Pada gen Atau Protein Lain ?

Cara termudah untuk mampu mempelajari tentang fungsi protein adalah untuk bisa melihat apa yang terjadi di dalam sel – sel saat protein tidak ada. Maka dari itu para ilmuwan mengaplikasikan sistem model seperti kultur sel atau seluruh organisme dimana mereka bisa menguji fungsi – fungsi protein atau gen tertentu dengan cara memodifikasi atau memutasikannya.

Adapun tingkat ekspresi gen bisa dihitung dengan mengukur mRNA masing – masing yang ditranskripsi dikenal dengan istilah Northern Blot, protein yang diekspresikan atau Western Blot atau dengan menodai secara langsung protein atau mRNA ketika masih di dalam sel.

Untuk dapat menganalisa dataset besar guna bisa melihat bagaimana jaringan molekul akan berinteraksi maka disiplin ilmu yang baru mulai diaplikasikan yang disebut sistem biologi menyediakan kerangka kerja untuk pemahaman yang lebih besar dan lebih terintegrasi terhadap jaringan regulasi dimana yang menarik adalah protein bukan satu – satunya pengatur gen.

Pada akhirnya hasil dari rangkaian studi tersebut di atas adalah menjadi semacam pemahaman dasar terhadap fungsi sel – sel normal seperti diferensiasi sel, pertumbuhan, dan pembelahan untuk dapat memberikan informasi mengenai pengobatan penyakit. Dari sinilah beberapa penyakit manusia dapat muncul hanya dari cacat dalam struktur tiga dimensi protein.

Itulah penjelasan singkat tentang hubungan antara sintesis protein dengan ekspresi gen, semoga bermanfaat bagi para pembaca dengan mencoba untuk memahami lalu dimengerti, Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *