Penjelelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Serai

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Serai – Secara garis besar dikenal ada dua jenis tanaman serai yaitu tanaman sereh dapur / lemongrass dan sereh wangi atau sitronella. Masing – masing kedua jenis tanaman sereh bersangkutan menyimpan aroma yang berbeda – beda yang mana minyak sereh yang selama ini dikenal di Indonesia adalah pengembangan dari minyak sereh wangi / citronella oil yang umumnya terdapat di dalam komposisi minyak tawon atau minyak gandapura.

Di Indonesia sendiri saat ini sedang memfokus untuk mengembangkan minyak sereh yang di dalamnya terkandung minyak atsiri yang sudah diproduksi secara komersial untuk tujuan komoditas ekspor. Untuk jenis lainnya yaitu minyak sereh dapur / lemongrass oil saat ini baru diupayakan pengembangannya dalam skala kecil atau bisnis usaha kecil rumahan yang tidak bersifat komersial yang mana dari sisi komposisi kimia keduanya mempunyai komponen utama yang berbeda – beda. Sereh wangi mengandung kandungan yang utama adalah citronella sedangkan sereh dapur adalah sitral.

Baca Juga : Cara Budidaya Labu Siam

Berbicara tentang sereh dapur tersebut di atas dapat dibagi menjadi 2 varietas antara lain sereh flexuosus / cymbopogan flexuosus dan sereh citrates / cymbopogon citratus yang mana di dalam dunia perdagangan jenis minyak atsiri maka minyak sereh flexuosus disebut sebagai East Indian Lemongrass Oil / minyak sereh dapur dari wilayah India Timur. Sedangkan jenis yang lainnya yaitu sereh citrates dikenal dengan istilah West Indian Lemongrass Oil / minyak sereh dapur dari India Barat. Keduanya mampu tumbuh dengan sempurna di Indonesia meskipun yang terbanyak tumbuh subur adalah dari jenis West Indian. Keduanya mengalami perbedaan yang jelas terletak pada sifat – sifat minyak atsiri yang terkandung dan dihasilkan di dalamnya. Yang lebih berharga adalah minyak sereh India Timur dibandingkan yang dari India Barat terutama yang erat hubungannya dengan kandungan sitral dalam jumlah lebih tinggi

Adapun klasifikasi tanaman sereh (cymbopogon citratus) adalah sebagai berikut : kingdom : plantae / tumbuhan, sub kingdom : tracheobionta / tanaman berpembuluh, super divisio : spermatophyta / menghasilkan biji, division / divisi : magnoliophyta / tumbuhan berbunga, kelas : liliopsida / berkeping satu / monokotil, sub classis : commelinidae, ordo / bangsa : poales, famili : poaceae / suku rumput – rumputan, genus / marga : cymbopogon dan jenis / species : cymbopogon citratus.

Sedangkan morfologi serai dapat dijelaskan dengan melalui akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Penjelasan masing – masing adalah sebagai berikut :

1/Bagian Akar

Akar berukuran besar dimiliki oleh tanaman sereh yang merupakan jenis akar serabut yang memiliki rimpang berukuran pendek.

2/Bagian Batang

Tanaman sereh memiliki batang tanaman sereh yang bersifat bergerombol dan berumbi serta berongga dan lunak. Isi dari bagian batang adalah pelepah – pelepah umbi untuk pucuk yang memiliki warna putih kekuningan. Secara keseluruhan tanaman sereh mempunyai batang yang berwarna putih namun ada juga yang memiliki warna – warna cantik yaitu putih keunguan atau putih kemerahan di samping itu batang tanaman sereh memiliki sifat kaku yang mudah patah. Batang – batang tanaman ini tumbuh tegak lurus di atas tanah.

3/Bagian Daun

Hijau adalah warna dasar dari daun tanaman sereh yang tidak bertangkai dimana daunnya kesat, runcing dan panjang hampir menyerupai daun – daun ilalang. Di samping itu daun tanaman ini mempunyai bentuk yang mirip pita dimana semakin ke ujung maka akan semakin runcing dan berbau citrus saat daun bersangkutan diremas – remas. Daun – daun yang bersangkutan mempunyai tepi yang kasar dan tajam dengan kondisi tulang daun pada tanaman sereh bersangkutan adalah tersusun sejajar dan menyebar dengan panjang daun sekitar 50 s/d 100 cm dengan lebar kira – kira 2 cm berdaging daun tipis serta pada bagian permukaan dan bagian bawah daunnya memiliki bulu – bulu halus.

4/Bagian Bunga

Jarang sekali ada tanaman sereh yang mempunyai bunga. Kalaupun ada yang memiliki bunga maka pada umumnya bunga bersangkutan tidak memiliki mahkota dan mengandung bulir.

5/Bagian Buah

Cymbopogon citratus adalah tanaman sereh yang jarang sekali atau bahkan tidak mempunyai buah.

6/Bagian Biji

Cymbopogon citratus adalah salah satu tanaman sereh yang jarang sekali memiliki biji karena jarang berbuah.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman serai, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Pala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *