Pengertian Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan yang dalam pemenuhannya dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi.

Kebutuhan ini dapat terpenuhi dengan cara menggunakan barang-barang yang tergolong mewah atau bisa disebut luxe. kebutuhan tersier ini lebih bersifat prestisius yang memiliki Arti, jika seseorang  dapat memenuhi kebutuhan ini akan berpengaruh terhadap terangkatnya gengsi, derajat atau martabat orang yang memilikinya.

Dalam kehidupan sehari-hari kebutuhan tersier tergolong kebutuhan yang tidak semua orang bisa memenuhinya. Hanya kalangan atas yang memiliki uang dan kekayaan yang cukup untuk membeli barang-barang mewahlah yang bisa memenuhi kebutuhan ini, sehingga hanya sebagian kecil orang yang bisa memenuhinya.

Dalam kasus kebutuhan tersier tidak harus terpenuhi seperti halnya kebutuhan lainnya karena kebutuhan ini hanya bersifat sebagai hiburan atau kesenangan belaka. Sehingga jika tidak terpenuhi juga tidak akan berpengaruh pada kelangsungan hidup manusia.

Contoh Kebutuhan Tersier

  1. Mobil
  2. Perhiasan, barang ini akan menambah kesan indahan bagi pemakainya. Namun jika tidak terpenuhi juga tidak berdampak buruk sama sekali bagi manusia.
  3. Komputer, barang ini bisa bersifat sebagai barang untuk hiburan maupun barang untuk membantu aktifitas lain seperti pekerjaan kantor,tugas sekolah dll.
  4. Mainan, barang ini termasuk sebagai barang yang digunakan sebagai hiburan belaka.
  5. Rumah mewah, rumah merupakan salah satu kebutuhan primer, namun bagi sebagian orang  yang tingkat ekonominya tinggi memiliki rumah sederhana saja tidak cukup sehingga mereka membeli rumah yang mewah.
  6. Alat-alat elektronik, barang-barang ini seperti alat pemutar musik, handphone dll
  7. Makanan mewah dan sebagainya.

Diatas telah saya sebutkan sebagaian contoh dari kebutuhan tersier, contoh di atas belum lah keseluruhan dari barang-barang yang tergolong kebutuhan tersier.

Kebutuhan tersier dapat menjadi sebuah kebutuhan primer bagi orang-orang tertentu contohnya sebagai seseorang yang bekerja sebagai penyedia jasa angkutan seseorang itu perlu dan harus memiliki mobil untuk melakukan pekerjaannya.

Namun di kehidupan sehari-hari pada umumnya orang-orang yang memiliki tingkat ekonomi yang tinggi, setelah kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi mereka akan mencoba untuk membeli barang-barang lain yang bersifat mewah karena kebutuhan lainnya telah tercukupi atau lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *