Kebutuhan Sekunder adalah jenis kebutuhan yang dibutukan setelah semua kebutuhan pokok / primer telah terpenuhi semuanya dengan baik. Kebutuhan sekunder disebut juga kebutuhan tambahan yang letaknya berada diantara kebutuhan primer dan kebutuhan tersier.

Jadi kebutuhan sekunder bersifat melengkapi kebutuhan primer. Artinya, kebutuhan sekunder tidak wajib dan menunjang kebutuhan primer, pemenuhannya bisa ditangguhkan dan seandainya tidak terpenuhi tidak akan mengancam kelangsungan hidup seseorang.

  1. Hiburan

Manusia butuh hiburan sebagai kebutuhan sekundernya agar tidak jenuh dengan berbagai aktivitas. Contoh hiburan misalnya seperti bermain game, bermain playstation dan lain sebagainya.

dengan hiburan manusia bisa memperoleh kesenangan serta kebahagiaan lewat kenikmatan fisik maupun rohani sehingga bisa menjadi obat terhadap kelelahan, ketegangan dan kekecewaan dalam menjalani rutinitas kehidupan.

  1. Alat Elektronik

Contoh kebutuhan sekunder berikutnya yaitu Alat Elektronik misalnya rice cooker, mesin cuci, kipas angin dan masih banyak lagi.

Dengan memanfaatkan alat elektronik kita dapat mempermudah pekerjaan / kegiatan / aktifitas kita, misalnya dengan memanfaatkan mesin cuci kita bisa mempersingkat waktu kita dalam mencuci pakaian sehingga pada akhirnya akan mempermudah aktifitas sehari-hari kita.

  1. Kendaraan Pribadi

Kendaraan Pribadi adalah contoh kebutuhan sekunder yang perannya amat penting untuk menunjang kehidupan manusia. Kendaraan Pribadi digunakan sebagai alat transportasi misalnya sepeda motor dan mobil saat ini sangat dibutuhkan keberadaanya untuk menunjang segala aktifitas, dengan kendaraan pribadi kita bisa pulang pergi ke tempat kerja dengan lebih cepat dan efisien.

  1. Perabotan Rumah

Perabot rumah tangga seperti perlengkapan dapur, kulkas, oven, lemari, tempat tidur, kipas angin, meja makan dan lain sebagainya merupakan kebutuhan sekunder sebagai tambahan memenuhi kebutuhan hidup. Dengan adanya perabotan rumah kita akan lebih nyaman selama berada di rumah kita.

  1. Peralatan Belajar

Peralatan belajar misalnya seperti buku, pensil, alat alat tulis dan lainnya adalah contoh kebutuhan sekunder untuk menjadikan hidup kita lebih baik dan nyaman. tanpa buku tentunya kita akan kesulitan untuk mencatat poin-poin penting dari pelajaran yang sedang kita pelajari.

  1. Rekreasi

Seseorang perlu rekreasi dan berwisata di tempat tempat yang indah sebagai bagian dari kebutuhan sekunder atau kebutuhan tambahannya dalam hidup.

Sama seperti hiburan, dengan berwisata manusia bisa memperoleh kesenangan serta kebahagiaan lewat kenikmatan fisik maupun rohani sehingga bisa menjadi obat terhadap kelelahan, kepenatan dan kekecewaan dalam menjalani rutinitas kehidupan.

  1. Smartphone

Smartphone adalah contoh kebutuhan sekunder yang sangat penting untuk menunjang kehidupan manusia, terutama dalam hal komunikasi.

Misalnya penggunaan smartphone untuk BBM-an, Whatsapp, SMS atau menelpon seseorang. Walaupun smartphone sering dipakai pada kehidupan kita akan tetapi smartphone merupakan contoh kebutuhan sekunder, karena sebenarnya sebagian besar dari kita dapat hidup tanpa smartphone meskipun beberapa pekerjaan kita akan sedikit terhambat.

  1. Olahraga

Olahraga adalah salah satu contoh kebutuhan sekunder, Olahraga dapat membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh lainnya untuk bergerak.

Pentingnya olahraga terhadap tubuh dapat dibayangkan seperti mesin yang tidak pernah digerakkan, Lambat laun bagian-bagian dari mesin akan rusak karena tidak terlatih untuk terus bekerja/bergerak. Demikian pula tubuh, jika kurang gerak / kurang olahraga tubuh akan menjadi rusak atau tidak sehat.

sehingga olahraga penting bagi tubuh manusia, karena dengan rutin olahraga tubuh akan menjadi sehat yang pada akhirnya akan memeperlancar aktivitas manusia dalam menjalankan hidupnya.

  1. Surat Kabar

Surat kabar adalah sarana yang menyiarkan produk jurnalistik. salah satu contoh produk jurnalistik yaitu koran, dengan membaca surat kabar / koran kita dapat memperoleh sebuah informasi / berita / wawasan baru yang dapat menunjang kita dalam menjalankan hidup.

  1. Jam tangan

Di jaman kehidupan modern ini, jam tangan telah menjadi assesoris penting dalam kegiatan sehari hari kehidupan semua orang, beragam manfaat dapat diberikan ketika kita menggunakan jam tangan, misalnya untuk menunjukan waktu yang efisien dan efektif, memperindah penampilan dan untuk mengatur waktu agar lebih teratur dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *