Manajemen Adalah… – Pengertian Manajemen adalah sebuah proses untuk mengatur sesuatu yang dilakukan oleh sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut dengan cara bekerja sama memanfaatkan sumber daya yang dimiliki.

Secara etimologi kata manajemen diambil dari bahasa Perancis kuno, menagement, yang berarti seni dalam mengatur dan melaksanakan.

Manajemen juga dapat diartikan sebagai upaya perencanaan, pengkoordinasian, pengorganisasian serta pengawasan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan tertentu secara efisien dan efektif.

Efektif yang dimaksud dalam hal ini adalah untuk mencapai tujuan sesuai denagn perencanaan, dan efisien yang dimaksud yaitu untuk melaksanakan pekerjaan dengan benar dan teroganisir.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Beberapa ahli di bidang ilmu manajemen menjelaskan definisi dari manajemen. Pendapat para ahli ini bisa kita jadikan sebagai acuan agar bisa memahami lebih mendalam tentang ilmu manajemen.

1. Mary Parker Follet

Definsi manajemen menurut Mary Parker Follet adalah sebuah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

2. George R. Terry

Definisi Manajemen menurut George Robert Terry adalah sebuah proses yang khas yang terdiri dari beberapa tindakan yang meliputi perencanaan, pengorganinasian, menggerakkan, dan pengawasan.

Hal tersebut dilakukan agar dapat menentukan dan mencapai tujuan yang ingin dicapai dengan memanfaatkan semua sumber daya yang ada, mencangkup Sumber daya alam dan juga sumber daya manusia.

3.  James A.F.Stoner

Menurut James A. F. Stoner, Pengertian manajemen ialah suatu proses perencaan, pengorganisasian, kepemimpinan, serta pengendalian upaya dari anggota organisasi tersebut serta penggunaan Sumber daya yang tersedia di organisasi tersebut guna mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan organisasi sebelumnya.

Fungsi-Fungsi Manajemen

Setelah mengetahui beberapa pengertian manajemen menurut para ahli di bidang  ilmu manajemen, berikut ini adalah 5 fungsi utama manajemen yang perlu diketahui, yaitu :

  1. Perencanaan (Planning)

Dalam manajemen perencanaan diperlukan agar dapat menentukan tujuan dan upaya secara keseluruhan untuk mencapai target yang sudah dibangun.

Tanpa perencanaan yang tepat, dapat terjadi penyimpangan yang mengakibatkan ketidakteraturan atau bahkan kebangkurtan.

  1. Pengorganisasian (Organizing)

Fungsi yang kedua ialah Pengorganisasian (Organizing) yang bertujuan untuk mempermudah seorang manajer untuk melakukan pengawasan yang lebih efektif  dan menentukan sumber daya yang dibutuhkan untuk setiap kegiatan yang sudah dibagi menjadi lebih efisien.

  1. Penempatan (Staffing)

Fungsi yang ketiga adalah Penempatan (Staffing). Bisa dibilang fungsi ini hampir mirip dengan fungsi Organizing, akan tetapi staffing lebih memperhatikan sumber daya secara umum. Beberapa sumber daya tersebut diantaranya; peralatan, perlengkapan, dan inventaris yang ada pada sebuah organisasi.

  1. Pengarahan (Directing)

Fungsi yang keempat adalah Pengarahan. Tujuan dari fungsi adalah sebagai suatu tindakan yang mengupayakan agar setiap anggota mampu mencapai sasaran dan target sesuai prosedur manajerial yang sudah direncanakan.

  1. Pengawasan (Controlling)

Dan fungsi yang kelima adalah Pengawasan. dalam serangkaian upaya yang sudah dilaksanakan diperlukan pengawasan agar semua fungsi berjalan dengan sesuai atau tidak terjadi penyimpangan yang berdampak buruk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *