Pengertian Dan Manfaat Kredit Mikro

Pengertian Dan Manfaat Kredit Mikro – Mungkin beberapa dari Anda, kredit mikro sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Ya, hal ini menjadi salah satu kegiatan yang biasanya dilakukan oleh beberapa pengusaha yang memang baru merintis dari awal dalam usahanya, sehingga mereka membutuhkan modal sebagai langkah awal mereka untuk bisa memulai hal tersebut.

Meski begitu, kredit mikro ini tidak diberikan kepada sembarang orang, dimana hal tersebut menghindari adanya penyelewengan uang dari nasabah, dan hal-hal buruk lain yang tidak diinginkan oleh pihak peminjam.

Jadi, untuk meminjam kredit mikro ini memang ditujukan untuk orang-orang yang memang benar-benar tidak memiliki pekerjaan tetap, tidak memiliki jaminan, dan benar-benar dalam keadaan merintis sebuah usaha yang mereka kembangkan sedemikian rupa.

Baca Juga : Bisnis online untuk ibu rumah tangga 2020

Dalam ilmu ekonomi, baik jenis kredit apapun, memiliki prinsip-prinsip yang harus ada dan menjadi tombak untuk bisa dipercaya kredibilitasnya. Prinsip ini terkenal dengan singkatan 5C, diantaranya adalah: Character, Capacity, Capital, Collate, serta yang terakhir adalah Condition.

Character, merupakan prinsip yang pertama dimana kita harus mengerti watak dari debitur yang akan meminjam uang. Yang pasti jika Anda adalah orang yang berada dalam dunia yang demikian, Anda harus tahu betuil bagimana watak ataupun sifat orang yang akan Anda pinjamkan uang.

Lalu ada Capacity, dimana prinsip ini melihat tentang kemampuan debitur dalam membayar tagihan yang nantinya menjadi tanggungjawab mereka, dan harus lunas. Dan kebanyakan kasus di dunia per-kreditan, hal ini sering menjadi permasalahan yang sering dialami oleh kebanyakan orang.

Collate, merupakan prinsip yang membahas mengenai jaminan yang diberikan oleh para debitur jika sewaktu-waktu tidak bisa membayar cicilan yang harus dilunasi. Yang terakhir adalah Condition, dimana prinsip ini membahas tentang seorang kreditur yang mulai mempertimbangkan keadaan masa kini dan masa depan mengenai kondisi dari debitur.

Yang pasti manfaat dari melakukan kredit mikro, Anda sangat terbantu dalam mendapatkan modal utama sebagai langkah awal Anda. Juga dari hal tersebut menghasilkan output, ialah usaha Anda semakin maju dan optimal. Namun setelah hal tersebut terjadi, jangan lupa untuk menunaikan kewajiban ya. Sekian ulasan kali ini.

Baca Juga : Fungsi Long Tail Keyword Untuk SEO 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *