Ketahui Fungsi Utama RNA

Ketahui Fungsi Utama RNA – RNA adalah hasil dari transkripsi dari suatu kode DNA, oleh karena itu RNA sebagai polimer yang jauh lebih pendek apabila dibandingkan dengan DNA. RNA kebanyakan terdapat dalam sitoplasma, khususnya didalam ribosom.

RNA memiliki fungsi sebagai penyimpan informasi, dan perantara antara DNA dan juga protein dalam sutu proses dari ekspresi genetik yang berlaku untuk semua organisme yang hidup.

Ada dua jenis RNA yaitu RNA genetik dan RNA non genetik. RNA genetik berfungsi sebagai molekul genetik yang secara keseluruhan bertangguang jawab dalam membawa materi genetis atau dengan kata lain RNA memiliki fungsi seperti DNA. Sedangkan RNA non genetik memiliki bermacam-macam jenis, diantaranya adalah RNA nuklir heterogen (hn RNA), messenger RNA (mRNA), transfer RNA (tRNA), RNA ribosomal (rRNA) dan yang terakhir adalah RNA nuklir kecil.

RNA duta atau disebut juga messenger RNA atau dapat disingkat mRNA memiliki fungsi sebagai pembawa kode-kode genetik dari DNA ke ribosom, selain itu mRNA memiliki fungsi ainnya sebagai pencetakan dalam sintesis protein.

RNA transfer atau dapat disingkat tRNA memiliki fungsi sebagai pengikat asam-asam amino yang akan disusun menjadi protein dan kemudian mengangkutnya ke ribosom. Di dalam tRNA ada bagian yang berhubungan dengan kodon yang disebut dengan antikodon yang berfungsi sebagai pengikat asam amino.

RNA ribosom atau dapat disingkat menjadi rRNA tidak terlalu diketahui fungsinya, namun banyak dugaan bahwa rRNA memiliki peranan yang penting dalam proses sintesis protein.

Secara struktural, hnRNA dan juga mRNA berantai tunggal, sedangkan rRNA dan tRNA membentuk suatu konfigurasu molekul 3 dimensi. Setiap RNA memiliki peran yang berbeda-beda dalam berbagai proses selulernya. Selain itu, di virus, RNA jga memerankan suatu peran penting dalam kemampuan virus tertentu untuk menyebabkan infeksi.

Salah satu fungsi utama RNA yaitu sebagai fasilitator penerjemah DNA menjadi protein. Proses ini dimulai ketika nukleus sel dengan serangkaian reaksi enzimatik yang mentraskripsikan DNA menjadi RNA nuklir heterogen dengan pasangan basa komplementer.

Pada dasarnya komponen penyusun DNA dan RNA memiliki banyak kemiripan, namun memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Padi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *