Kanduangan dan Manfaat Som Jawa Untuk Kesehatan

Hai! Senang sekali rasanya bisa jumpa lagi. Oke, hari ini kita akan membahas topik tentang manfaat dari tanaman Som Jawa. Dia tenyata tanaman herbal loh.. Kira-kira apa saja ya manfaat tanaman som jawa? Kamu penasaran? Yuk yuk monggo disimak…

Ginseng Jawa, atau yang dikenal juga sebagai Som Jawa, merupakan tanaman yang berasal dari benua Amerika bagian Tropis. Ciri khas pada tumbuhan ini yakni daunnya licin, bertekstur tebal dan sedikit berdaging, dan jika diremas akan mengeluarkan lendir.

Batangnya tergolong sukulen, memiliki bentuk bulat tebal, juga mengeras pada bagian pangkalnya. Bunga tanaman ini berbentuk daun mahkota berwarna merah ungu, yang jumlahnya 5 helai, serta berbentuk oval.

Sedangkan untuk bijinya ukuranya kecil-kecil, berwarna sedikit hitam saat telah tua, serta berbentuk gepeng. Akarnya membentuk umbi rimpang, berwarna keabuan, namun cenderung coklat bila sudah cukup umur.

Nama ilmiah tanaman Ginseng Jawa ini adalah “Talinum paniculatum”. Alasan penamaan tanaman Ginseng Jawa dinamakan demikian dikarenakan tanaman ini mempunyai akar yang bentuknya serupa dengan tanaman Ginseng Korea.

Disamping itu, ia juga mempunyai khasiat yang sama untuk menambah vitalitas pria (afrodisiak). Perbedaan dengan tanaman ginseng Korea adalah, tanaman ginseng Jawa ini bisa dipanen akarnya dalam kurun waktu 6-7 bulan sejak awal mula penanaman. Akar gingseng akan menggembung bila ia ditanam sedari biji.

Hasil riset membuktikan tanaman Ginseng Jawa mempunyai kandungan senyawa tannin, sapoin, dan juga alkaloid serta senyawa-senyawa lain yang berkhasiat secara fisiologis melancarkan sirkulasi peredaran darah di system syaraf pusat manusia.

Saponin memiliki efek antiradang, sedangkan senyawa tannin memiliki sifat mendinginkan. Sedangkan bagian daunnya cukup kaya akan vitamin A, saponin dan zat flavonoid , juga steroid serta minyak atsiri. Karena itulah, daun pada tanaman ginseng Jawa memiliki khasiat meningkatkan nafsu makan manusia (bersifat stomakik) dan memperlancar produksi ASI.

Baca Juga :

Beberapa khasiat tanaman Ginseng Jawa adalah sebagai berikut :

Untuk Meningkatkan Stamina Untuk Pria:

Bahan ramuan: 50 gr Akar ginseng jawa yang telah dikeringkan Sedikit brem ¾ gelas air panas.

Cara membuat ramuan: iris tipis 50 gram akar tanaman ginseng jawa. Masukkan hasil irisanya kedalam gelas. Berikan air panas sebanyak ¾ gelas kemudian tambahkan brem secukupnya. Setelah itu, tutup sebentar ramuan tadi hingga airnya menjadi sedikit hangat. Minumlah ramuan tersebut selagi masih hangat. Ramuan ini dapat kita minum 2 kali sehari, ketika pagi dan malam hari sebelum tidur.

Untuk Membantu Mengobati Bisul Kita:

Bahan ramuan yang diperlukan: Daun tanaman ginseng Jawa segar secukupnya, Gula merah secukupnya.

Cara membuat ramuan: Daun tanaman ginseng Jawa dilumatkan bersamaan dengan gula merah, kemudian ditempelkan pada bisul. Balut bisul tadi dengan perban. Lakukan pengulangan 2 kali sehari.

Untuk Menambah Nafsu Makan Serta Membantu Melancarkan Asi:

Bahan ramuan yang diperlukan dan cara membuatnya: Daun segar tanaman ginseng jawa dengan jumlah secukupnya, kemudian daun ditumis atau disantap sebagai sayuran lalapan.

Untuk Pengobatan Beri-Beri:

Bahan ramuan yang diperlukan serta cara mengolahnya: Sediakanlah 3-5 gram akar tanaman ginseng jawa segar, kukus selama kurang lebih 15 menit. Kemudian rebuslah dengan menggunakan 1 gelas air bersih hingga ramuan mendidih. Air rebusan ramuan tadi dapat diminum 1 kali sehari hingga penyakit beri-beri yang didetita sembuh.

Bagaimana? Sudah terjelaskan bukan? Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yaa.. Senang bisa membantu J

Terimakasih, see you next post!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *