Jenis Jenis Youtube Play Button Yang Wajib Anda Tahu

Jenis Jenis Youtube Play Button – Yang dimaksud dengan YouTube adalah platform berbagi video terbesar di dunia. Dimana pada bulan April 2019, pengguna yang aktif per bulannya diperkirakan mampu mencapai 2 miliar orang !

Wajar saja kalau banyak orang terobsesi menjadi YouTuber atau ngegeng karena selain bisa terkenal juga anda bisa kaya raya karena sukses mengelola YouTube pribadi. Meskipun terlihat sangat mudah ternyata ada banyak hal yang harus anda kejar untuk menjadi seorang YouTuber terkenal. Beberapa diantaranya adalah views, likes, dan subscribers.

Jenis – Jenis YouTube Play Button Yang Ditujukan Kepada Content Creator Terpopuler

Dalam hal ini YouTube tidak akan segan – segan memberikan hadiah dan penghargaan kepada para content creator yang aktif dan berprestasi tidak hanya gaji saja namun YouTuber juga bisa memperoleh label YouTube Play Button.

Adapun jenis Play Button yang saat ini disebut dengan istilah YouTube Creator Awards merupakan sebuah penghargaan fisik yang diberikan kepada content creator yang sudah mencapai jumlah subscribers tertentu. Tidak hanya sampai di sini, YouTuber dengan jumlah subscriber tertentu bisa meraup benefit atau keuntungan meskipun belum berhasil mencapai level Play Button.

1. Benefit Level

Yang dimaksud dengan benefit level merupakan tingkatan bagi content creator yang belum berhak untuk memperoleh penghargaan yang berbentuk fisik namun sudah mencapai jumlah subscribers tertentu.

Terdapat 3 tingkatan yang ada berdasarkan jumlah subscribers yang dimiliki oleh content creator bersangkutan antara lain sebagai berikut :

  • Graphite : adalah tingkatan yang diberikan oleh YouTube untuk channel – channel yang memiliki kurang dari seribu subscribers dan tidak ada keuntungan lebih yang ditawarkan YouTube untuk level ini.
  • Opal : merupakan sekelompok para content creator yang mempunyai 1000 hingga 9999 subscribers dimana YouTuber level opal ini bisa mengajukan monetisasi kepada YouTube dengan mengajukan syarat yaitu mendapatkan 4000 views dalam setahun dan berhasil lolos pengujian.
  • Bronze : merupakan level yang hendak dicapai oleh content creator apabila sudah mampu mencapai 10000 subscribers dan jika channel demonetize maka content creator akan mempunyai pilihan untuk bisa menambahkan opsi teespring monetiztion.

2. Silver Play Button / Silver Creator Awards

Jika content creator yang telah terverifikasi mampu mencapai 100.000 subscribers maka mereka bisa mengajukan diri untuk memperoleh Silver Play Button. Namun sebelumnya channel mereka harus direview oleh YouTube terlebih dahulu yang memiliki tujuan agar channel yang melanggar Community Guideline kurang merajalela.

Meskipun memiliki nama Silver namun plakat yang terbuat dari sekitar 92 persen nikel dan karbon sebesar 5 persen, seng 3 persen dan sebagian bahan metal lainnya. Ukurannya agak kecil dan mempunyai logo Play Button dengan nama channel dibagian depan plakat.

3. Gold Play Button / Gold Creator Award

Yang dimaksud dengan Gold Creator Award adalah plakat penghargaan bagi channel – channel pilihan yang berhasil mencapai 1 juta subscribers yang mana channel YouTube Jalantikus termasuk ke dalam salah satu contoh.

Plakat yang dimaksudkan terbuat dari logam kuningan yang dikapisi oleh emas dimana pada awalnya penghargaan ini bisa dalam bentuk seperti tombol yang dikemas ke dalam frame kaca. Saat ini desain penghargaan ini menjadi lebih simple yaitu berupa plakat dengan logo Play Button dan nama channel bersangkutan di bagian depan. Maka dari itu sekarang namanya bukan lagi diberi istilah Play Button.

4. Diamond Play Button / Diamond Creator Award

Bagian ini merupakan salah satu penghargaan yang diberikan kepada content creator yang telah mencapai 10 juta subscribers. Pemilik penghargaan ini belum begitu banyak, geng, baru sekitar 432 channel saja per bulan Juni 2019. Di Indonesia sendiri baru ada beberapa creator saja yang mempunyai penghargaan ini antara lain Ria Ricis dan Atta Halilintar. Penghargaan yang dimaksudkan ini mempunyai bentuk yaitu cukup unik dalam 3 dimensi yang mana bagian dalam logo Play Button terbuat dari metal berlapis perak.

5. Custom Creator Award

Penghargaan yang semakin tinggi dimiliki maka akan semakin sedikit channel yang memilihnya. Begitu pula halnya terhadap Custom Creator Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh YouTube untuk channel yang telah mencapai sekitar 50 juta subscribers. Perbedaannya dengan award lainnya adalah si penerima bisa memesan penghargaan ini dengan bentuk dan warna yang diharapkan masing – masing. Saat ini baru ada 6 channel di seluruh dunia yang mampu mencapai sekitar 50 juta subscribers di YouTube.

Demikian kami mengulas dengan singkat tentang jenis – jenis YouTube Play Button, semoga bermanfaat !

Baca juga :Cara Membuat Channel Baru di Youtube!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *