Jenis Pinjaman Dana Tunai Yang Ada Di Indonesia

Jenis Pinjaman Dana Tunai Yang Ada Di Indonesia – Adanya pinjaman dana tunai tentu bisa membantu Anda yang sedang membutuhkan situasi di mana uang sangat dibutuhkan saat kesulitan.

Pinjaman tunai ini dinilai merupakan solusi yang baik karena dana yang diberikan merupakan dana tunai.

Hal ini tentu berbeda dengan pinjaman jenis lainnya seperti KPR atau kredit pemilikan rumah, KPA atau kredit pemilikan apartemen, dan KKB atau kredit kendaraan bermotor.

Untuk bisa mengetahui lebih lanjut mengenai jenis pinjaman dana tunai yang ada di Indonesia, simak uraian lebih lengkapnya berikut ini:

  1. Pinjaman dana tunai tanpa agunan

Pinjaman dana tunai tanpa agunan seringkali dikenal dengan istilah KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Pinjaman ini diberikan tanpa adanya jaminan sehingga peminjam tidak perlu mencari aset yang diperlukan. Biasanya, pinjaman ini diberikan ke orang dengan penghasilan tetap.

  1. Pinjaman dana tunai dengan agunan

Berbeda dengan KTA, pinjaman dana tunai dengan agunan didapatkan dengan cara memberikan agunan atau jaminan yang bisa berupa sertifikat rumah atau bangunan, sertifikat tanah, hingga buku pemilikan kendaraan bermotor. Pinjaman ini bisa didapatkan dari lembaga seperti bank.

  1. Pinjaman dana tunai untuk usaha

Pinjaman dana tunai untuk usaha ini diperuntukkan khusus untuk keperluan modal usaha saja. Biasanya, pinjaman ini bisa didapatkan di bank atau koperasi simpan pinjam. Ada beberapa jenis pinjaman, misalnya KUR (Kredit Usaha Rakyat) mikro atau KUR ritel.

  1. Pinjaman dana tunai koperasi

Pinjaman dana tunai koperasi disediakan untuk masyarakat yang menjadi anggota di koperasi simpan pinjam. Biasanya, bunga dari pinjaman koperasi lebih kecil namun jumlah pinjamannya tidak bisa sebanyak jenis pinjaman yang lain karena sumbernya hanya dari iuran anggota

  1. Pinjaman dana tunai online

Dengan berkembangnya teknologi internet, pinjaman juga kini muncul jenis baru yaitu pinjaman online yang biasanya disediakan oleh perusahaan startup yang mengembangkan aplikasi atau website pinjaman. Biasanya, pinjaman online menjadi solusi bagi yang membutuhkan uang cepat.

Demikian penjelasan mengenai jenis pinjaman dana tunai yang ada di Indonesia. Semoga bisa bermanfaat.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Kolom Komentar 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *