Cara budidaya cacing tanah

Cara budidaya cacing tanah – Menurut ilmu peternakan Cacing tanah sangat bermanfaat untuk para petani, karena bisa untuk menggemburkan tanah ternyata cacing juga bisa untuk obat tipes. Maka tidak sedikit orang yang berminat untuk membudidayakannya. Berikut salah satu cara yang bisa anda lakukan jika ingin budidaya cacing tanah.

  1. Penyiapan sarana dan prasarana

Pengadaan kandang untuk peternakan skala besar yakni berukuran 1,5 x 18 m dengan tinggi 0,45 m. Dalamnya dibuat model rak-rak bertingkat sebagai tempat wadah pemeliharaan.

  1. Pemilihan bibit calon induk

Untuk yang skala besar lebih baik bibit sudah disiapkan atau sudah dari indukan yang terpilih. Kalau untuk sekala kecil bibit bisa dari alam contohnya dari tempat pembuangan atau dari sampah yang membusuk.

  1. Pemeliharaan bibit calon induk
  • Pemeliharaan sesuai tempat yang digunakan.
  • Cacing yang dipilih bisa muda atau dewasa
  • Jika sarang memiliki ukuran tinggi 0,3 m, panjang 2,5 m dan lebih kurang 1 m dapat ditampung sekitar 10.000 ekor cacing tanah dewasa
  • Jika cacing sudah agak banyak maka bisa dipindah ke bag lain yang sebagian
  1. Sistem pemuliabiakan

Ketika media dan bibit sudah siap, maka waktunya penanaman dalam wadah pemeliharaan. Jangan langsung memasukkan semua cacing, tetapi masukkan sedikit demi sedikit beberapa bibit cacing lalu amati setiap tida jam, jika terlihat ada yang ada yang meninggalkan wadah berarti media tidak cocok dan perlu diganti. Begitu pula sebaliknya jika tidak ada yang meninggalkan wadah maka wadah itu cocok.

  1. Reproduksi

Dari perkawinan sepasang cacing tanah, masing-masing akan dihasilkan kokon yang berisi telur. Kokon berbentuk lonjong dan berukuran kira-kira 1/3 besar kepala korek apai. Kokon ditaruh di tempat lembab. Dalam waktu 14 sampai 21 hari kokon akan menetas. Setiapkokon akan menghasilkan sekitar 2 sampai 20 ekor. Selama 7 sampai 10 hari setelah  perkawinan cacing dewasa akan menghasilkan 1 kokon.

  1. Pemberian pakan

Cacing diberi pakan sekali sehari sebanyak berat cacing tanah yang ditanam

  • Pakan yang diberikan berbentuk bubuk atau bubur
  • Bubur pakan ditaburkan diatas media
  • Bubur pakan 1: 1 dengan air
  • Pakan ditutup dengan plastik, karung agar tidak tembus cahaya
  1. Media yang sudah banyak terdapat kokon harus diganti supaya cacing cepat berkembang. Rata-rata penggantian media dilakukan dalam waktu 2 minggu
  2. Panen

Panen cacing dapat dilakukan dengan menggunakan alat penerangan seperti lampu neon. Karena cacing sangat sensitif terhadap cahaya

itulah salah satu cara untuk beternak cacing tanah. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *